Belajar untuk memahami dalam setiap langkah.

“Jangan Panik,
Tetaplah Tenang”

Beberapa hari yang lalu ketika saya jalan pagi ditemani oleh anjing kecil,
saya berpapasan dengan sekumpulan anak-anak yang akan pergi ke sekolah. Hanya anjing
kecil, itupun pakai tali, tapi reaksi mereka bagaikan melihat binatang buas yang siap
menelan mereka hidup- hidup. Mereka berteriak,
panik dan berlarian.
Untunglah anjing saya bukan termasuk anjing yang akan segera
bereaksi ketika terkejut. Malah anjing saya melihat
mereka dengan raut muka heran, dan saya pun sempat tersenyum
melihatnya. Saya heran siapa yang mengajarkan mereka untuk berlari ketika melihat seekor
anjing. Padahal yang seharusnya mereka lakukan justru sebaliknya. Tidak hanya anjing, jika seandainya
kita berada di hutan dan bertemu binatang buas
pun seharusnya kita tetap tenang agar dpat menentukan langkah.
Kepanikan tidak akan pernah membantu kita
dalam mengatasi
persoalan. Bukannya selamat kita malah akan
habis dimangsa.

Dalam hidup kita akan bertemu dengan masa-
masa sukar. Apa yang kita lakukan ketika hal itu terjadi? Berusaha
menyelesaikannya dengan tenang, itu tentu bagus. Yang pasti jangan panik, karena panik tidak akan pernah menghasilkan solusi apapun selain membawa kita ke dalam kondisi yang lebih sulit lagi.
Adalah baik jika kita bisa menghadapi dengan tenang disertai keyakinan akan pertolongan Tuhan.

Leave a Reply

