MA Luncurkan Majalah untuk Keterbukaan Informasi

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) meluncurkan edisi pertama majalah institusi peradilan tertinggi itu. Walau telat dibandingkan beberapa lembaga negara lainnya, upaya ini dianggap sebagai keterbukaan informasi.

“Karena itu majalah ini sangat penting dalam memberikan informasi ke seluruh satuan kerja. Baik pencapaian maupun tantangan, sehingga dapat melakukan evaluasi, apa yang telah atau belum dilakukan,” kata Ketua MA Hatta Ali.

Hatta menyampaikan hal ini dalam acara launcing Media Komunikasi Mahkamah Agung Republik Indonesia di Perpustakaan MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2013).

Walau terlambat, penerbitan majalah ini juga dinilai sebagai bentuk mendukung reformasi birokrasi di dunia peradilan dan membangun komunikasi internal. Namun Hatta mengharapkan majalah tersebut dapat konsisten meningkatkan kualitasnya.

“Hal ini yang saya ingatkan, jangan panas-panas kotoran ayam, di awal panas, dingin ke belakangnya,” ujar Hatta menganalogikan hal tersebut.

Majalah ini juga diharapkan mampu menjembatani informasi antara MA hingga peradilan di tingkat daerah-daerah. Hal ini dikarenakan muatan majalah yang sebagian besar mengulas kebijakan dan progam MA.

“Kita harapkan dengan ini mengetahui apa yg kita lakukan, dan para pejabat di daerah dapat mendukung program kerja MA,” ujar Hatta.

Sementara Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur menyebutkan waktu pengerjaan majalah tersebut memakan waktu 6 bulan. Studi banding pun dilakukan untuk menemukan konsep terbaik untuk MA.

“Dalam pembuatan ini, kami juga sudah melakukan beberapa study banding ke beberapa lembaga seperti KY dan KPK yang lebih dulu membuat media cetak seperti ini,” kata Ridwan dalam acara yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s