Apa Yang Harus Dilakukan di Era Perkembangan Teknologi IT Yang Semakin Canggih?

http://endangkusman.files.wordpress.com/2013/03/teknologi-internet.jpgPerkembangan teknologi IT yang semakin canggih dewasa ini sangat mempengaruhi kehidupan dan pola hidup manusia di seluruh dunia. Apa yang harus kita lakukan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini ? Memanfaatkan teknologi agar tidak tergilas teknologi? Menciptakan teknologi baru yang bermanfaat? Atau hanya menikmati teknologi dan terbuai tanpa harus memikirkan bagaimana akibatnya?

Mau tidak mau, atau sadar tidak sadar, bahwa kemajuan teknologi IT yang semakin berkembang pesat tentunya selain berdampak positif, juga pada sisi lain berdampak negatif jika tidak pandai memilih dan memilahnya. Teknologi komunikasi seperti smartphone dan internet membuat komunikasi antar manusia di belahan bumi ini menjadi tidak ada jarak. Teknologi tersebut mau tidak mau dan sadar atau tidak sadar selain banyak sekali positifnya, tetapi tidak kurang menimbulkan hal-hal yang merusak mental generasi muda dan anak-anak dibawah usia sehingga mereka terjebak dan terperangkap ke dalam berbagai permasalahan yang tidak diinginkan. Misalnya dengan teknologi internet dan smart phone yang semakin canggih bisa mengakses internet dimana saja dengan mudah, melalui jejaring sosial yang favorit selama ini, banyak sekali kajadian-kejadian yang tidak diharapkan seperti penculikan, pemerkosaan anak dibawah usia, dan kejadian-kejadian tindak kriminal lainnya.

Kemajuan teknologi tidak bisa dibendung termasuk akibat yang disebabkannya. Yang dapat dilakukan terhadap teknologi adalah kita harus pandai-pandai memanfaatkan teknologi, jangan sampai diperalat oleh teknologi. Mengambil manfaat dari teknologi untuk menunjang berbagai aktivitas akan berdampak positif dan menguntungkan merupakan tindakan yang sangat bijaksana dan cerdik. Misalnya dengan teknologi handphone pintar saat ini seperti blackberry, dimana kemampuan alat tersebut bukan hanya sebagai telpon biasa, maka sebaiknya gunakanlah untuk menjunjang kegiatan dan aktivitas penting, bukan sebaliknya. Sebab tidak sedikit masyarakat kita yang terbuai dan terkelabui oleh kecanggihan alat tersebut mulai dirasakan oleh berbagai kalangan, mulai kalangan anak-anak sampai dewasa. Biasanya mereka dalam kesehariannya disibukan chating, browsing, dan BBM, terpana oleh buaaian social media, dan sebagainya dimanapun mereka berada : di kendaraan, di halte-halte bis kota, ji jam istirahat.. bahkan di jam kantor. Hal tersebut sangat memprihatinkan, sehingga dapat mengurangi kinerja dalam kantor, dalam rapat-rapat dan pertemuan, dapat mengurangi komunikasi langsung karena disibukan dengan komunikasi BBM.

Tetapi bagi orang-orang tertentu, misalnya pelaku bisnis baik bisnis lokal maupun internasional.. keberadaan teknologi IT yang semakin canggih sangat menunjang aktivitas bisnis mereka untuk meningkatkan omzet dengan mudahnya berkomunikasi jarak jauh.

Yang paling rawan dampak teknologi IT adalah bagi anak-anak dibawah usia, dimana mereka bisa melanglang buana lewat smart phone yang dimilikinya yang sangat tidak mungkin dapat dikontrol oleh kedua orang tuanya. Semakin berat rasanya tantangan yang harus dihadapi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Asupan ahlak dan budi pekerti yang kuatlah yang akan mampu menangkal pengaruh-pengaruh negatif yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi IT tersebut. Siapapun tidak dapat memprotes atau menentang kemajuan teknologi tersebut. Semoga anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa mampu menangkal pengaruh-pengaruh negatif sehingga mereka tidak terjebak ke dalam hal-hal yang tidak kita inginkan. Amiin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s